Daftar Hari Besar Umat Muslim

Daftar Hari Besar Umat Muslim – Umat muslim merupakan salah satu agama yang memiliki banyak sekali umatnya. Bahkan sebagian besar masyarakat Indonesia beragama Islam. Hari besar agama Islam adalah hari yang ditunggu-tunggu umat Islam di dunia. Khususnya bagi umat muslim di Indonesia, ada beberapa hari besar agama Islam yang kedatangannya selalu disambut dan dirayakan. Beberapa hari besar agama Islam dirayakan dengan melakukan ibadah. Namun ada juga yang dirayakan dengan cara hanya memperingatinya saja.

Daftar Hari Besar Umat Muslim

1) Tahun Baru Hijriyah
Pertama, ada tahun baru Hijriyah. Perlu diketahui jika awal tahun Hijriyah ini ditandai dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW.

Setiap tahunnya hari besar umat Islam ini wajib untuk diperingati dengan tujuan untuk menjaga sejarah umat Islam.

Meskipun saat ini, masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan kalender masehi bukan berarti tidak memperingati tahun baru Hijriyah.

Untuk tahun 2021, tahun baru Hijriyah jatuh pada tanggal 9 Agustus 2021. kamu jangan sampai lupa untuk memperingatinya dengan melakukan ibadah.

2) Isra Miraj
Pasti kamu sudah tahu tentang peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Isra Miraj itu sendiri merupakan perjalanan malam yang dilakukan oleh Rasullulah SAW.

Pada peristiwa Isra Miraj, Nabi Muhammad SAW diangkat ke langit untuk menerima perintah shalat fardhu 5 waktu sehari.

Perintah shalat fardhu ini merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh semua umat muslim di dunia.

Setiap tahunnya peristiwa Isra Miraj jatuh pada tanggal 25 Rajab pada penanggalan Hijriyah. Tahun ini, peristiwa Isra Miraj jatuh diperingati pada tanggal 11 Maret 2021.

Biasanya untuk memperingati diadakan acara pengajian, membaca risalah nabi dan sebagainya.

3) Maulid Nabi Muhammad SAW
Daftar hari besar Islam selanjutnya adalah Maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi Muhammad diperingati setiap tahun 12 Rabiul Awal Tahun Gajah dalam kalender hijaiyah.

Sedangkan dalam kalender masehi yaitu tanggal 20 April 571. Setiap tahun, umat Islam di dunia selalu memperingati Maulid Nabi.

Hal ini dilakukan sebagai penghormatan dan juga mengingat kebesaran maupun keteladanan Nabi Muhammad SAW.

Acara yang diadakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad setiap daerah berbeda-beda, disesuaikan dengan tradisi masing-masing daerah. Maulid Nabi Muhammad tahun ini diperingati pada tanggal 19 Oktober.

Baca Juga : Negara Timur Tengah Turut Kecam Terorisme

4) Idul Fitri
Idul Fitri atau yang sering disebut dengan lebaran diperingati pada tanggal 1 syawal.

Hari raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat muslim di seluruh dunia yang telah menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh pada bulan Ramadhan.

Puasa itu sendiri latihan bagi umat Islam untuk menjaga hati, lisan, pikiran dan semua anggota tubuhnya.

Setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa, umat manusia terutama seorang muslim akan kembali dalam fitrahnya atau suci. Saat merayakan hari raya Idul Fitri, umat Islam disunnahkan untuk menjalankan ibadah shalat id.

Setelah shalat id, bisa dilanjutkan dengan menyambung silaturahmi dengan orang terkasih. Tahun ini hari raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 13 Mei 2021.

5) Idul Adha
Hari raya Idul Adha setiap tahunnya jatuh pada tanggal 10 Zulhijah. Sebelum merayakan hari raya ini, umat muslim menjalankan ibadah puasa sunnah yang bernama Tarwiyah dan Arafah.

Hari raya Idul Adha diperingati untuk memperingati peristiwa qurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS.

Pada saat itu, Nabi Ibrahim ikhlas megorbankan putranya yang bernama Ismail untuk menjalankan perintah Allah SWT. Namun, saat itu Allah menggantinya dengan seekor domba.

Pada hari raya Idul Adha, umat muslim juga menjalankan ibadah sunnah shalat Id. Setelah menjalankan ibadah ini, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban seperti apa yang pernah dilakukan oleh Nabi Ibrahim.

Di Indonesia sendiri, hewan qurban yang disembelih adalah sapi atau kambing. Tahun ini hari raya Idul Adha diperingati pada tanggal 20 Juli 2021.