Inilah Manfaat Rahasia Biji Rambutan untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Rahasia Biji Rambutan untuk Kesehatan – Seperti yang sudah sangatlah banyak kita ketahui bahwa buah memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan di dalam tubuh. Salah satu buah yang sangat banyak di kenal dan juga disukai adalah rambutan. Rambutan atau nephelium lappaceum adalah buah tropis dengan kulit berambut yang rasanya manis dengan biji berukuran besar. Tak hanya enak, rambutan juga mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin C, zat besi, fosfor, protein, mineral, dan tinggi serat.

Inilah Manfaat Rahasia Biji Rambutan untuk Kesehatan

1. Obat herbal diabetes

Hasil penelitian mahasiswi dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ubudiyah, Banda Aceh bernama Feni Juita dan Marleni pada tahun 2015 menemukan bahwa biji rambutan mengandung banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk mengatasi diabetes. Menurut studi mereka, diketahui biji rambutan memiliki 3-40% lemak murni, serat, pati dan stearic acid. Dimana komposisi kimia ini menghasilkan hipoglikemik railmemberfansite  yang mampu mengurangi kadar gula darah. Untuk itu, biji rambutan ini dapat diolah sebagai ramuan atau minuman herbal bagi penderita diabetes.

Caranya, cuci bersih biji rambutan, kemudian potong-potong, lalu keringkan dengan cara dijemur atau disangrai sampai warnanya berubah menjadi kuning kehitaman. Setelah itu, tumbuk atau blender biji rambutan kering tadi sampai berbentuk bubuk halus. Larutkan bubuk tersebut dengan air mendidih dan aduk rata. Saring dan selanjutnya bisa langsung diminum setiap sebelum makan. Mengonsumsi minuman biji rambutan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan konsumsi gula masing-masing individu.

2. Menstabilkan kadar kolesterol

Biji rambutan merupakan salah satu tanaman tropis yang dapat digunakan untuk membantu menyeimbangkan kadar HDL dan LDL pada pembuluh darah arteri. Seperti diketahui, di dalam biji rambutan mengandung senyawa polifenol yang kaya antioksidan yakni flavonoid. Flavonoid ini memiliki efek hipolipidemik yang mampu mengurangi kadar kolesterol. Selain itu, mengonsumsi biji rambutan juga dapat mencegah kemungkinan penggumpalan darah.

Hal ini membuat sistem kardiovaskular menjadi lebih sehat. Dampak positifnya tentu saja dapat terhindar dari serangan jantung. Selain mengonsumsi biji rambutan, kamu juga perlu mengimbangi dengan gaya hidup yang sehat. Jaga pola makan, harus lebih sering berolahraga, berhenti merokok, dan hindari alkohol. Karena biar bagaimana pun, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

3. Mengatasi sariawan

Sariawan sering dianggap penyakit sepele. Namun jika sedang mengalaminya, tentu keadaan ini sangatlah tidak mengenakan. Mau melakukan aktivitas jadi tidak nyaman. Bikin malas makan dan malas bicara. Jika dibiarkan, tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh dan mengganggu aktivitas kamu.

Untuk mengatasi masalah ini, salah satu cara alami yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan biji buah rambutan. Menurut penelitian, di dalam biji rambutan mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kamu bisa menggunakan biji rambutan dengan menjadikannya sebagai camilan sehat yang enak atau dengan meminum air rebusan dari biji buah rambutan kering yang telah ditambahi madu supaya rasanya lebih enak.